7 Penyebab Munculnya Jerawat Serta Solusinya

Posted on Updated on

Jerawat dan Solusinya

Ternyata Inilah 7 Penyebab Munculnya Jerawat. Mungkin anda sering bertanya-tanya kenapa jerawat bisa muncul di wajah anda, mungkin anda merasa telah merawat dan membersihkan wajah anda dengan teratur, namun membersihkan dan membersihkan wajah secara teratur saja sebenarnya tidak cukup. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi bisa saja anda melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan jerawat walaupun anda sering merawat dan membersihkan wajah. Agar wajah anda terhindar dari jerawat ada baiknya anda tahu penyebab jerawat dan ternyata inilah penyebab munculnya jerawat di wajah anda. Namun sebelum mengetahui tentang penyebab jerawat dan solusinya, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu jerawat dan jenis – jenisnya.

Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori – pori kulit tersumbat karena sel kulit mati, sebum dan rambut sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Pada umumnya muncul di wajah, punggung, leher, bahu dan dada. Kebiasaan – kebiasaan yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah malas cuci muka dan kebiasaan memegang jerawat.

Jenis-Jenis Jerawat:

  1. Whiteheads ( Komedo Tertutup). Jenis bisul kecil akibat sebum yang terinfeksi di bawah permukaan kulit dan berukuran sangat kecil
  2. Blackheads (Komedo Terbuka), komedo ini jelas terlihat karena muncul di permukaan kulit dan berwarna hitam. Komedo ini tidak disebabkan oleh kotoran sehingga membersihkan wajah saja tidak akan menghilangkan komedo tersebut
  3. Papula. Jenis jerawat yang muncul di permukaan kulit berbentuk benjolan kecil dan berwarna merah muda
  4. Pustules, salah satu jenis jerawat dipermukaan kulit berbentuk benjolan berwarna merah muda di bagian pangkal dan berisi nanah di bagian atas
  5. Nobules ,jelas terlihat dipermukaan kulit dan berukuran besar dan menyakitkan bila disentuh. Nobules terbentuk jika foikel mengalami peradangan dan meletus di bawah kulit. Campuran sebum dan peradangan tersebut menyebar ke foikel dan menginfeksi pori-pori disekitarnya.
  6. Kista,benjolan kista berukuran besar, namun berisi nanah. Sekilas kista tampak seperti bisul. Umumnya jerawat kista dapat meninggalkan bekas luka permanen di wajah setelah sembuh.

Penyebab Jerawat :

1. Produksi minyak berlebihan
Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak(sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri

2. Sel-sel kulit mati
Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

3. Bakteri
Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

4. Kosmetik
Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

5. Obat-obatan
Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

6. Telepon Genggam
Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

7. Stres
sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai “pelarian” dari stres.

Perbedaan Purging dan Breakout

  • Purging adalah sebuah kondisi yang timbul akibat penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki bahan seperti AHA, AA, BHA atau produk berjenis scrub, peeling atau retinoid yang memang memiliki kemampuan penetrasi kedalam kulit untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit.
  • Breakout adalah kondisi kulit yang terjadi karena mengalami ketidakcocokan terhadap jenis bahan kosmetik atau kimia tertentu. Orang yang mengalami kondisi ini umumnya terlihat seperti memiliki jerawat, bisul, yang juga disertai rasa nyeri, pembengkakan dan peradangan. Biasanya orang yang mengalami breakout juga akan muncul jerawat yang besar – besar pada permukaan kulit dan kulit kering mengelupas. Ini bedanya breakout dengan purging. Penyebab breakout bisa jadi karena kandungan skincare yang Anda gunakan tidak cocok, gangguan hormon, gangguan pencernaan, stress, dan faktor lingkungan.

Cara Mengatasi Jerawat

  1. Gunakan sabun atau pembersih wajah ringan, serta air hangat untuk membersihkan area yang berjerawat. Sebaiknya hindari menggunakan air yang terlalu panas atau dingin karena bisa membuat jerawat makin parah.
  2. Jangan terlalu sering mencuci area kulit yang berjerawat karena hal tersebut hanya akan memperparah iritasi, cukup cuci dua kali dalam sehari.
  3. Atur rambut sebisa mungkin agar tidak mengenai wajah dan keramas rambut secara rutin agar selalu bersih.
  4. Jangan mencoba menghilangkan komedo dengan cara menekannya karena justru akan memperparah dan meninggalkan bekas luka.
  5. Jangan pakai kosmetik atau rias wajah secara berlebihan. Sebaiknya gunakan produk kosmetik berbasis air yang tidak memiliki efek menghalangi pori-pori kulit.
  6. Bersihkan seluruh rias wajah sebelum tidur.

Cara mencegah munculnya jerawat :

  1. Perbanyak minum air putih
  2. Konsumsi makanan segar dan alami
  3. Hindari makanan yang mengandung pengawet
  4. Olahraga secara teratur
  5. Hindari mengkonsumsi rokok dan alkohol
  6. Gunakan sabun pencuci muka sesuai jenis kulit

Solusi Skincare untuk kulit berjerawat

Love Nature Tea Tree

Love nature Tea Tree untuk Kulit Berminyak (Membersihkan)
Mengandung unsur antimikroba, yang terkenal untuk merawat kulit yang berjerawat dan membersihkan kulit.

Pure Skin Set untuk Kulit Berminyak & Berjerawat
Pure Skin Set mengandung Ekstrak Pomegranate Alami yang menyegarkan,kaya antioksidan,membantu merawat kejernihan dan kesegaran untuk kulit tampak jernih, segar,alami dengan pori-pori tampak tersamar. Detect Technology dengan Salicylic Acid mendeteksi dan menargetkan bakteri sekaligus menjaga produksi sebum untuk tampilan kulit tampak jernih bebas kilap,minim masalah.

Mengapa Skin Care
Jika mata adalah jendela jiwa, maka kulit itu seperti papan reklame hidup kita. Semuanya terpampang di kulit: emosi, kesehatan secara keseluruhan, dan tentunya, usia.Kulit yang sehat adalah tanda sehatnya tubuh kita secara keseluruhan. Kulit adalah hal pertama yang orang lain lihat tentang kita dan penting sebagai presentasi diri dan kepercayaan diri.Jika kulit tidak sehat, produk apapun yang Anda gunakan untuk menutupinya tidak akan berpengaruh.
Kita tahu bahwa 80% dari penampilan kulit dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal. Skin care adalah tentang mempengaruhi faktor-faktor dari dalam dan menggunakan produk skin care yang tepat.

Apa Manfaat Skin Care
Mengoptimalkan level hidrasi: Hidrasi adalah elemen terpenting untuk kulit tampak prima. Minum banyak air dan menggunakan pelembab adalah langkah esensial. Kulit kering, kombinasi atau berminyak tetap membutuhkan pelembab tiap hari agar kulit mendapatkan level hidrasi yang optimal.

Menyeimbangkan kulit: Faktor-faktor yang berbeda dapat mempengaruhi keseimbangan kulit, seperti perubahan suhu dan musim. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan produksi sebum atau kulit jadi kering. Penggunaan skin care yang tepat akan membantu keseimbangan sehingga menurunkan resiko munculnya jerawat.

Menetralkan radikal bebas: Radikal bebas adalah sel-sel rusak yang menyerang sel sehat, melukai dan merusak DNA. Ketika sel beregenerasi, sel memproduksi sedikit jumlah radikal bebas (seperti asap dari knalpot mobil), ini adalah hal yang normal. Ketika jumlah radikal bebas meningkat di tubuh kita karena paparan polusi luar (udara, kebiasaan makan yang buruk, stres) mereka akan berakumulasi di dalam sel dan mengoksidasi sel. Produk skin care yang mengandung ekstrak antioksidan membantu menetralkan radikan bebas.

Memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan: Mulai dari pelembab sejak masih muda dan beranjak ke solusi-solusi anti-ageing yang lebih canggih, produk-produk skin care dapat membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Membantu mengurangi perubahan karena hormon: Semakin tua, tubuh kita mengalami perubahan hormon yang bermacam-macam yang berpengaruh langsung terhadap kualitas kulit. Misalnya, saat puber, kulit cenderung menghasilkan sebum berlebih, yang menyebabkan jerawat. Saat hamil, perubahan warna kulit cenderung lebih tampak. Produk skin care yang tepat akan membantu.

2 MENIT, 2 KALI SEHARI –– hanya itu yang Anda butuhkan untuk mengaplikasikan rutinitas perawatan kulit untuk mendapatkan kulit yang tampak sehat dan muda.
Rutinitas YES Oriflame adalah 4 langkah mudah yang dirancang untuk memaksimalkan dampak produk skin care Anda, agar kulit Anda tampak cantik berapapun usia Anda!

Pembersihan yang tepat adalah kunci untuk menjaga kulit terlihat sehat dan segar. Kulit yang bersih dan segar akan membuat produk berikutnya terserap lebih baik.

Pembersih
Langkah pertama dari rutinitas ini adalah untuk membersihkan kulit dari semua kotoran. Ini akan membuat produk-produk menjadi terserap lebih baik dan memberikan hasil yang optimal. Gunakan pembersih pada pagi dan sore hari untuk mengangkat make-up, kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati.

Toner
Toner menenangkan dan menyeimbangkan level kelembapan kulit dan menyiapkan kulit untuk dapat menerima produk-produk skin care lain dengan lebih baik.
Gunakan toner untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan meninggalkan rasa kulit yang lembap dan kencang, dengan pori-pori yang tampak mengecil

Kulit di sekitar mata lebih tipis dan lebih halus. Di sinilah tanda-tanda penuaan biasanya muncul pertama kali. Krim mata memiliki tekstur yang lebih ringan dan masuk ke kulit dengan lebih mudah. Krim mata biasanya bebas wewangian dan tidak memberikan efek iritasi.

Gunakan krim mata pagi dan sore hari untuk mencapai target yang specifik untuk daerah mata seperti lingkar gelap, sembab, dan kerutan.

Cara yang terbaik untuk meningkatkan kerja krim pagi dan krim malam Anda adalah dengan menggunakan serum.
Sebuah serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi yang akan masuk lebih dalam dan lebih cepat ke dalam kulit untuk memberikan hasil yang semakin baik

Gunakan serum setiap hari sebelum menggunakan pelembap Anda.

Krim Pagi
Selesaikan rutinitas pagi Anda dengan krim pagi, untuk melembapkan dan melindungi kulit terhadap serangan eksternal, misalnya polusi. Pastikan Anda menggunakan tabir surya (SPF) di pagi hari untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya.

Aplikasikan di seluruh wajah dan leher untuk perlindungan maksimum. Hindari area mata.

Krim Malam
Saat malam hari, kulit Anda akan beristirahat dan memulihkan diri, sehingga kulit akan lebih mudah menerima bahan aktif yang kuat tersebut yang ada pada krim malam Anda.

Aplikasikan krim malam pada wajah yang bersih setelah serum, untuk membantu mengembalikan penampilan kulit yang lebih muda.

Scrub&Masker
Tambahan untuk rutinitas perawatan kulit harian Anda. Anda dapat menambahkan scrub dan masker yang memberikan sentuhan ekstra dan efek akhir pada kulit.1. eksfoliasi/Scrubkulit kita terus-menerus menciptakan sel-sel baru dan menyingkirkan yang lama. Selama proses ini, sel-sel tua naik ke lapisan luar kulit di mana mereka akhirnya jatuh. Ketika sel-sel kulit mati menumpuk di atas kulit, kulit akan terlihat kusam dan kasar. Selain itu, mencegah produk Skin care masuk ke kulit lebih dalam.manfaat:Scrub membantu untuk:• Menghilangkan sel-sel kulit yang mati agar terlihat halus dan lebih muda• menyingkap kulit yang baru• menjaga pori-pori tetap bersihGunakan Scrub 1 atau 2 kali seminggu, sebaiknya di malam hari. Penggunaan berlebih akan memiliki hasil yang negatif, seperti peningkatan sensitivitas kulit. Hal ini juga dapat membahayakan penghalang lipid kulit, dan membuatnya lebih rentan terhadap radiasi UV.2. MaskerMasker, selain menjadi istimewa juga bermanfaat bagi kulit.manfaat:Masker membantu kulit untuk tetap sehat dan bercahaya.Tergantung pada bahan, masker wajah:• Merevitalisasi kulit• melembabkan dan menyehatkan secara intens• Detoksifikasi• Membuat pori-pori terlihat lebih kecil• Meningkatkan aliran darah ke kulit• Mengganti nutrisiJika Anda memiliki kulit berminyak, kami merekomendasikan penggunaan masker lumpur atau masker berbasis mineral yang kering pada kulit, menyerap kelebihan sebum dan mengencangkan pori-pori. Gunakan masker wajah setidaknya sekali seminggu setelah pembersihan, pagi atau sore hari.

Sekian dan Terima Kasih. Semoga artikel 7 Penyebab Munculnya Jerawat Serta Solusinya bisa membantu mengatasi masalah jerawat Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s