PROTEIN ITU PENTING!

Posted on Updated on

Jika berbicara tentang protein, pasti Anda akan berpikir tentang daging. Padahal banyak makanan sumber protein lain, baik yang berasal dari hewani maupun sumber nabati. Memilih makanan dengan kandungan protein tinggi dan memperhatikan kandungan lemak serta kolesterol adalah kunci untuk pola makan sehat.

Protein adalah komponen esensial bagi tubuh, yang merupakan kumpulan asam amino yang dihubungkan dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang sulfur serta fosfor. Mengapa protein penting? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Sebenarnya protein itu sumbernya banyak sekali.Digambar ini adalah contoh-contohnya ya

Karena teman-teman sudah punya gambaran sedikit tentang apa itu protein, maka hari ini kita akan membicarakan lebih dalam lagi tentang Protein.
Dan ini adalah bagian-bagian yang akan kita bahas :
Apa itu Protein?
Apa Fungsi dan Manfaat dari Protein untuk kesehatan tubuh manusia?
Seberapa banyak kita harus mengkonsumsi Protein dalam sehari agar tubuh tetap sehat?
Apa kaitannya Nutrishake dengan Protein?

Istilah protein berasal dari kata Yunani Proteos, yang berarti yang utama atau yang didahulukan. Kata ini diperkenalkan oleh seorang ahli kimia Belanda, Gerardus Mulder (1802 – 1880), karena ia berpendapat bahwa protein adalah zat yang paling penting dalam setiap organisme.

Protein adalah bagian dari semua sel hidup dan merupakan bagian terbesar tubuh sesudah air.

Karena Protein merupakan bagian dari sel hidup terbesar kedua setelah darah, maka Protein hampir ada di seluruh tubuh. 1/5 bagian tubuh kita adalah protein.
Dari 1/5 tersebut :
1/2 nya ada di dalam otot
1/5 nya di dalam tulang & tulang rawan
1/10 nya di dalam kulit
Selebihnya di jaringan dan cairan tubuh
Semua enzim, berbagai hormon, pengangkut zat-zat gizi dan darah, matriks intraseluler adalah protein
Asam Amino (pembentuk protein) bertindak sebagai Prekursor (bahan pembentuk/bahan pemula) sebagian besar koenzim, hormon, asam nukleat dan molekul-molekul yang esensial untuk kehidupan.

Protein mempunyai fungsi khas yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel dan jaringan tubuh

Misalnya, organ rambut kita, penyusun utamanya adalah protein. Begitu juga organ kuku, bagian terkecilnya yaitu sel-sel kuku, juga di susun oleh protein. Begitu juga darah kita, sistem pencernaan kita dan tentu saja organ kulit kita. Jadi apa saja yang ada ditubuh kita ini disusun terutama oleh Protein-protein.

Setiap sel-sel organisme memiliki waktu hidup yang berbeda-beda. Sel-sel tersebut akan semakin lama-semakin tua dan kemudian rusak atau mati. Maka Protein lah yang berperan penting untuk membentuk sel-sel barunya.
Berikut ini beberapa lama hidup dari sel-sel tubuh :
Sel usus : 4 hari
Sel darah : 4 hari
Sel darah putih : 10 hari
Sel kulit : 21-28 hari

Protein merupakan molekul makro (atau besar) seperti Karbohidrat dan Lemak. Selain itu juga disebut zat gizi makro, karena tubuh kita membutuhkannya dalam jumlah yang besar. Tidak seperti vitamin dan mineral yang disebut sebagai zat gizi mikro, dimana tubuh membutuhkannya dalam jumlah yang kecil.

Karena protein merupakan molekul makro, maka Protein dibentuk dari beberapa molekul-molekul mikro. Asam Amino adalah molekul mikro pembentuk dari Protein.
Asam Amino didalam tubuh memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Pembentuk Protein adalah asam-asam amino. Ketika makanan sumber protein dimakan, pencernaan Anda akan memproses atau memecahkan protein tersebut menjadi asam amino, yang akan melewati darah dan akan diedarkan keseluruh tubuh. Sel-sel kita kemudian akan memilih asam amino yang dibutuhkan untuk membentuk jaringan tubuh baru, antibody, hormon, enzim, darah, dan lain-lain.

Jadi asam amino pembentuk protein tersebut ada 22 jenis. 22 Jenis itu terdiri dari Asam amino non-esensial dan asam amino esensial.
Asam amino non esensial adalah asam amino yang dapat dibentuk di dalam tubuh. Disebut non esensial karena asam amino itu ‘tidak penting’ karena sudah bisa dibentuk sendiri oleh tubuh. Ada 14 asam amino non esensial.
Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat dibentuk di dalam tubuh. Oleh karena itulah disebut esensial, karena ‘penting’ dan harus didapatkan dari luar tubuh (dari makanan)

Asam-asam amino inilah yang akan digunakan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel, jaringan, enzim, hormon, antibody, dan lain-lain

Asam amino esensial harus didapatkan oleh tubuh. Oleh karena itu, kita harus memenuhinya dari makanan yang mengandung protein. Karena cukup protein akan memberikan bahan baku yang baik untuk regenerasi sel tubuh yang sudah mati atau rusak. Berapa gram protein kah yang harus kita konsumsi agar tubuh sehat?

Berdasarkan daftar Angka Kecukupan Gizi dari Departemen Kesehatan Indonesia 2013, seorang wanita dewasa membutuhkan minimal 50 gram perhari sedangkan seorang laki-laki dewasa membutuhkan 60 gram perhari. Dengan memenuhinya maka kita akan terhindar dari penyakit-penyakit yang diakibatkan karena kekurangan protein.

Apabila 50 gram protein tersebut di konversi menjadi makanan sehari-hari maka yang kita butuhkan adalah :
9 butir telur ayam atau 4 potong paha ayam.
Sekarang pertanyaannya adalah sanggupkah kita mengkonsumsi sebanyak itu dalam sehari?

Karena kalau kita tidak memenuhinya kita akan mengalami beberapa keluhan kesehatan, mulai dari yang ringan bahkan bisa jadi malah kita akan terkena penyakit

Apa keluhan-keluhan ringan yang akan kita alami yang menunjukkan kalau kita sebenarnya kekurangan protein?
Kelelahan
Lemah otot dan sakit otot
Peningkatan retensi cairan, ditandai dengan bengkak pada kaki, perut bahkan seluruh tubuh (edema) 
Kulit kering dan ruam
Mudah lesu
Berat badan menurun
Gampang gelisah
Mual
Sering mengalami borok di kulit
Luka sukar menyembuh
Sakit kepala terus menerus
Insomnia
Perubahan mood
Depresi
Perubahan warna kulit

Kekurangan protein bahkan bisa juga menyebabkan hingga ke penyakit lho. Apalagi pada usia anak-anak. Penyakit-penyakit akibat kekurangan protein antara lain :
Marasmus : Kekurangan energi dan protein pada anak-anak atau bayi. Marasmus adalah kurangnya nutrisi penting yang parah. Marasmus adalah penyakit fatal yang menyebabkan penurunan berat badan, dan dehidrasi. Anak terlihat kurus kering dengan rambut kemerahan.

Kwasiorkor : Penyakit ini juga akibat kekurangan protein. Berbeda dengan marasmus, penyakit ini paling banyak ditemukan pada anak-anak usia 1 hingga 3 tahun. Apabila pada marasmus tubuh penderitanya cenderung kurus, maka pada kwashiorkor penampilan dari penderita terlihat normal. Walaupun begitu, penyakit ini harus diwaspadai sebab jika tidak maka anak-anak pertumbuhannya akan terhambat bahkan bisa mengalami cacat mental, seperti ADHD pada anak.

Selain Marasmus dan Kwasiorkor, penyakit lain yang disebabkan oleh kekurangan protein antara lain :
Cachexia : penurunan berat badan, massa otot dan kelemah ekstrim yang terkait dengan penyakit serius seperti kanker, AIDS, dan penyakit kronis lainnya.
Gagal hati
Apati
Edema
Rambut rontok
Gangguan otak
Penyakit jantung

Serem-serem ya penyakitnya! Jadi, jangan sampai kita terkena salah satu penyakit diatas hanya karena asupan protein kita yang kurang ya!
Lalu bagaimana solusinya?

Ini dia solusinya.
Nutrishake dari Oriflame dan Wellbeing Roadmap.

Nutrishake : Minuman pelengkap nutrisi harian
Wellbeing Roadmap : Panduan gaya hidup sehat ala Wellbeing Oriflame.

Gaya Hidup Sehat

Hanya bahan-bahan alami bernutrisi dengan kualitas terbaik
Shake terbuat dari bahan alami seperti susu, telur, kacang polong, apel, rosehip, dan sugar beet. Shake mengandung rasa dan pewarna alami
Tiga sumber protein untuk komposisi asam amino optimal dari kacang polong, whey, dan telur.
Kebanyakan makanan di pasaran hanya mengandung satu sumber protein saja. Beragam sumber protein pastinya menyumbangkan lebih banyak manfaat daripada satu. Misalnya, Anda tidak hanya mendapatkan asam amino yang tubuh butuhkan, tapi juga vitamin-vitamin (terutama B) dan mineral (besi, fosfor, zinc, selenium) dari telur.
Optimal omega 3/omega 6 composition
Berkuat telur beromega 3 yang dihasilkan oleh ayam-ayam yang mengkonsumsi makanan kaya biji rami.
Kaya serat alami dan GI rendah
Shake mengandung serat dari sugar beet Swedia. Indeks glikemik Shake ini sangat rendah, yaitu 28. (Di bawah 55 dianggap rendah).

Kenapa Nutrishake dapat menjadi salah satu solusi untuk menambah asupan protein harian kita?
Nutrishake mengandung 7 gram protein yang berkualitas
Formulasi dari masing-masing bahan pembentuk proteinnya seimbang
Praktis untuk dikonsumsi (bandingkan dengan harus mengkonsumsi makanan sumber protein yang pastinya harus diolah dulu)
Nutrishake tidak menggunakan bahan pengawet yang dilarang, perasa dan pewarna buatan

Telur
Optimal omega 3/omega 6 composition
Diperkuat juga oleh telur beromega 3 yang dihasilkan oleh ayam-ayam yang mengkonsumsi makanan kaya biji rami.
Omega 3
Mulai dari membantu perkembangan otak dan memori anak-anak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol tinggi, menyehatkan mata, mengurangi depresi, bahkan bagi ibu hamil. Ya, ibu hamil yang konsumsi Omega-3 bisa membuat bayi terlahir lebih sehat dan cerdas, juga meningkatkan kualitas air susu.

Omega 6
Menyehatkan organ Jantung
Bersama dengan omega 3, memelihara kesehatan kulit, kuku, rambut, hormon, meringankan gejala asma, serta mencegah kerusakan sel pada pengidap kanker

Nilai Gizi Kacang Polong
Sumber Protein NabatiKacang polong atau ercis adalah salah satu sumber protein nabati yang populer di sekitar kita. Setiap 100 gram kacang polong rebus mengandung 8 gram protein, sehingga merupakan sumber protein nabati yang baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein kita sehari-hari. Selain itu kacang polong memiliki skor asam amino yang tinggi yaitu 102, di mana skor asam amino yang tinggi menunjukkan bahwa kacang polong mengandung protein dengan asam amino yang lengkap, yang artinya protein dalam kacang polong merupakan protein berkualitas tinggi.
Kaya SeratDalam 100 gram kacang polong rebus, terdapat kandungan serat sebesar 8,3 gram atau akan memenuhikebutuhan serat sebanyak 33%. Sebagian besar serat dalam kacang polong merupakan serat larut yang sangat baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah, juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Kandungan VitaminTiap 100 gram kacang polong rebus mengandung:
Folat, sebanyak 65 mcg (16% kebutuhan harian), yang merupakan bagian dari koenzim penting untuk sintesa sel baru. Folat terutama sangat penting bagi wanita selama kehamilan, untuk mencegah cacat pada janin.
Thiamin, sebanyak 0,2 mg (13% kebutuhan harian), yang penting untuk metabolisme energi dan aktivitas sistem saraf dan otot.
Vitamin K, sebanyak 5 mcg (6% kebutuhan harian), yang penting sebagai komponen dalam pembekuan darah, juga untuk pembentukan dan perbaikan struktur tulang.
Asam pantotenat, sebanyak 0,6 mg (6% kebutuhan harian), yang penting dalam proses pemecahan glukosa, asam lemak dan juga metabolisme energi.
Niasin, sebanyak 0,9 mg (4% kebutuhan harian), yang diperlukan tubuh untuk menetralisir zat racun dan berperan dalam sintesa lemak, meningkatkan nafsu makan, membantu sistem pencernaan, serta memperbaiki kulit dan saraf.
Riboflavin, sebanyak 0,1 mg (3% kebutuhan harian), untuk memperbaiki kulit, mata, dan membantu produksi energi.
Dapatkan Multivitamin Dan Multimineral Terbaik Untuk Meningkatkan Kesehatan Anda Di Sini !Kandungan MineralTiap 100 gram kacang polong rebus mengandung:
Mangan, sebesar 0,4 mg (20% kebutuhan harian), yang penting dalam metabolisme karbohidrat, aktivitas enzim serta kesehatan sendi.
Fosfor, sebesar 99 mg (10% kebutuhan harian), yang berperan dalam metabolisme berbagai zat gizi, mulai dari karbohidrat, lemak dan protein dalam sistem transfer energi.
Potassium, sebesar 362 mg (10% kebutuhan harian), yang diperlukan dalam berjalannya fungsi saraf, keseimbangan elektrolit, dan daya kerja tubuh.
Magnesium , sebesar 36 mg (9% kebutuhan harian), yang diperlukan dalam pembentukan tulang dan gigi yang sehat, fungsi saraf dan otot yang optimal.
Tembaga, sebesar 0,2 mg (9% kebutuhan harian), merupakan komponen penting pembentukan sel darah merah dan tulang.
Besi, sebesar 1,3 mg (7% kebutuhan harian), merupakan mineral penting bagi berbagai reaksi enzimatik dalam tubuh juga dalam pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel otot.
Zinc, sebesar 1 mg (7% kebutuhan harian), yang juga penting dalam proses pembentukan sel darah merah dan tulang kita.

Whey adalah :
cairan semi-transparan yang tertinggal selama proses pengendapan dalam pembuatan keju. Whey memiliki warna kuning-kehijauan, rasa yang sedikit asam, dengan aroma yang agak harum

Fungsinya :
Membantu pembentukan otot
Antioksidan
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungannya :beta-lactoglobulin, alpha-lactalbumin, bovine serum albumin peptides, immunoglobulins, lactoferrin, dan lactoperoxidase

Jadi sebagai alternatif agar kita dapat mencukupkan asupan protein harian kita, maka kita bisa mengkonsumsi Nutrishake. Minimal 2 kali sehari pada susunan menu makanan kita maka kita bisa melengkapi asupan protein kita sehingga kita terhindar dari keluhan-keluhan kesehatan.
Porsi Minum Nutrishake Berdasarkan Usia
Wellbeing Roadmap
5 Kewajiban:
Nutrishake –gunakan shake sesuai Roadmap penurunan berat atau kesehatan
Nutrisi –Plate Model
Olahraga – Akan meningkatkan energi, membantu Anda mengurangi atau menjaga berat badan, dan membuat Anda merasa optimis dan berenergi sepanjang hari!
Ikuti Checklist Harian –membantu Anda mempertahankan rutinitas dan kebiasaan baru
Komunitas –sebagai bagian dari Wellbeing Club, Anda akan mendapatkan dukungan dan inspirasi yang mempermudah Anda mengubah gaya hidup.
Sekian pembahasan tentang pentingnya protein untuk tubuh serta solusi kekurangan protein. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di bagikan. Terima kasih.
*Semua artikel dan gambar bersumber dari Oriflame Indonesia
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s