Apa itu Kalori ???

Posted on Updated on

Calories

Online Health Consultation with Oriflame Wellness kali ini membahas mengenai “apa itu Kalori?” bersama Wellness Nutritionist, Angelica Gabriel.

Kalori penting dibahas disini jika kita menginginkan kesehatan tubuh dan mendapatkan tubuh yg ideal. Saya merasa beruntung sekali memiliki kesempatan untuk dapat menghadiri Online Consultation tersebut.

Dan kali ini saya akan membagikan pengetahuan tersebut  🙂

Enjoy it !

Online Training Wellness : Kalori

Q : Bagaimana seorang awam dapat mengetahui seberapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuhnya?dan bagaimana cara agar dia dapat mengatur setiap asupan makanannya agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut?

  1. Kita dapat mengukur Angka Kebutuhan Energi Dasar kita dengan rumus : 1 Kal X Berat badan (kg) X 24 Jam. Untuk keperluan penurunan berat badan hindari olahan makanan dengan minyak (digoreng), atau dengan tambahan gula.

Q : Apa kalori dapat menyebabkan kegemukan?

A : Hai Ibu Susiati. Salam kenal. Kalori adalah satuan energi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa melakukan kerja. Salah satu sumber kalori adalah dari makanan yang kita makan, apabila jumlah kalori yang masuk berlebihan sedangkan kerja yang dilakukan tubuh sangat sedikit, maka kalori tersebut akan menyebabkan kegemukan.

Q : apakah dengan mengonsumsi Nutrishake bisa membuat berat badan saya berkurang? saya minum nutrishake sebulan ini namun malah susah BAB dan saya seorang istri yang menggunakan kontrasepsi suntik? pola makanpun sudah saya atur sedemikian rupa sampai sampai tekanan darah berkurang 60/70. Saya juga sudah berjalan kaki dari rumah ke Terminal sekalian untuk olahraga dan mengirit pengeluaran hehehe soalnya harus oper angkot 2-3kali..mohon penjelasannya? terima kasih sebelumnya.

A : Nutrishake bisa digunakan untuk tujuan penurunan berat badan, apabila dikombinasi dengan Wellbeing Roadmap (gaya hidup sehat)yang benar. Namun kecepatan penurunan berat badan seseorang tergantung dengan metabolisme masing-masing. Saya sarankan ibu tetap minum Nutrishake dan menjaga gaya hidup yang sehat, tapi dengan tidak melupakan faktor-faktor lain seperti cukup air putih, cukup tidur,dan hindari stress agar metabolisme tetap baik termasuk BAB lancar. Semoga membantu ya bu.

Q : kalori merupakan satuan ukur untuk menyatakan nilai energi…..pertanyaan saya adalah:
makanan apa saja yang banyak kalorinya dan pentingkah kalori itu untuk tubuh kita?

A : Kalori sangat penting untuk tubuh kita sebagai sumber energi. Kalori makanan bisa diamati dari label gizi yang tercantum di kemasannya. Namun untuk makanan yang tidak berlabel bisa diamati dari bahan bakunya, misalnya mengandung minyak, santan, dan gula. Pada umumnya memiliki kalori yang tinggi, terutama kalori dari lemak.

Q : Saya sedang dalam mengejar berat badan janin saya yg masih kurang, apakah bisa menambah kalori dari Nutrishake? Bila bisa apa, ditambah bahan apa? Terima kasih

A : Bisa sekali bu. Kalori yang dimiliki Nutrishake juga lebih terukur (dibandingkan mengkonsumsi makanan cepat saji yang kandungan kalorinya tinggi), serta bahan-bahannya yang alami aman untuk ibu hamil. Ibu bisa kombinasikan dengan jus buah atau susu hamil yang sedang dikonsumsi.

Q : saya rahma umur saya 24 tahun menurut aku kalori itu sama aja dengan enegi, energi yang ada dalam tubuh kita yang diperoleh dari makanan, dari setiap makanan yang qt makan kalorinya berbeda2. untuk kalori yang paling tinggi yaitu lemak. seiring bertambahnya usia kebutuhan kalori yang kita dapat semakin kecil. lain halnya dengan usia dewasa kalorinya masih tinggi hingga mencapai 2.000 kalori/hari. kebutuhan kalori sebaiknya dicukupi guna mencukupi fungsi tubuh kita. tetapi ada yang kebutuhan kalori dijaga karena ingin menurunkan berat badan.
yang saya ingin tanyakan, yang paling bagus itu setiap hari kita mengkonsumsi kalori berapa yah?

A : Selamat sore ibu Rahma. Jumlah kalori setiap orang tergantung dari kondisi tubuh serta aktivitas hariannya. Kita dapat mengukur Angka Kebutuhan Energi Dasar kita dengan rumus : 1 Kal X Berat badan (kg) X 24 Jam.

Q : apakah asupan kalori yg terkandung dalam nutrishake sudah dapat mmenuhi keebutuhan kalori untuk seorang ibu hamil?

A : Nutrishake mengandung 70 Kal. Untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil maka Nutrishake harus menjadi pendamping makanan utama atau sebagai cemilan sehat.

Q : Bagaimana cara menghitung berapa kandungan kalori yg terdapat dalam setiap makanan yg kita makan ya?

A : Hai Ibu Risa. Cara untuk mengukur kalori dalam makanan adalah dengan menggunakan alat bernama kalorimeter bomb. Beberapa jenis makanan sudah pernah terdata jumlah kalorinya, sehingga kita bisa mencarinya dari sumber-sumber informasi yang tersedia.

Q : Sore mba, mau curhat ini. Saya mengalami berat badan berlebih. Susah banget turunnya. Bagaimana caranya mengurangi kelebihan kalori dalam tubuh? dan bagaimana caranya merampingkan perut yang buncit ? padahal saya sudah sering melakukan olah raga seperti senam dan jogging tiap pagi. Mohon solusinya

A : Hai ibu Nur. Apakah ibu sudah mengatur pola makan, dengan menghindari makanan yang diolah dengan minyak serta mengurangi asupan gula?Tingkatkan pula konsumsi makanan yang mengandung serat untuk mengikat kelebihan lemak. Apabila berat badan belum turun berarti kerja tubuh masih harus ditingkatkan dan asupan makanan harus semakin dibatasi. Jangan lupa untuk konsumsi Nutrishake setiap sebelum makan agar membatasi jumlah makan utama kita.

Q : Sore ..bagaimana menjelaskan secara simple apa itu kalori dan kebutuhan harian kalori serta cara pemenuhannya…. kepada orang awam jg ibu rumah tangga dengan bahasa sederhana trimakasih

A : Hai ibu Eko. Secara simple kalori bisa diibaratkan seperti bahan bakar bagi kendaraan/ tubuh kita. Apabila bahan bakarnya terlalu sedikit, kendaraan tidak bisa bekerja secara maksimal, dan apabila terlalu banyak maka juga akan mengganggu kerja.

Q : Hai saya Della di bogor.
Saya mau bertanya, brpa kalori yg baik dikonsumsi untuk penderita DM setiap harinya? Berikan contoh menu makan untuk pagi, siang, dan malam untuk penderita DM, disesuaikan dgn jumlah kalori yg dbtuhkan. Terimakasih

A : Hai Ibu Della. Tipe diet penderita DM berbeda-beda tergantung kondisi masing-masing. Ada 8 tipe diet yang berbeda-beda jumlah intake kalorinya menyesuaikan dengan keadaan pasien. Namun intinya diet yang diberikan atau kalori yang diberikan digunakan untuk mempertahankan berat badan normal, dan mengurangi jumlah asupan gula murni dalam minuman atau makanan

Q : Selamat sore, saya ingin bertanya, berapakah sebenarnya jumlah kalori yang dibutuhkan oleh orang dewasa? berapa prosentasi yang bisa dipenuhi oleh nutrishake? dan bagaimana pemakaian nutrishake untuk anak-anak? terimakasih sebelumny

A :  Untuk kebutuhan kalori orang dewasa tergantung dari kondisi tubuh serta aktivitas hariannya. Kita dapat mengukur Angka Kebutuhan Energi Dasar kita dengan rumus : 1 Kal X Berat badan (kg) X 24 Jam.

Anak-anak boleh sekali bu, sebagai alternatif makanan cemilan yang sehat. Untuk anak usia 6 – 12 tahun bisa mengkonsumsi 1/2 scoop/ saji. Untuk lengkapnya, ibu bisa membaca di buku Panduan Produk Nutrishake ya.

Q : Hallo mba Angelica
saya ingin tanya apakah sebelum olah raga jika kita konsumsi nutrishake dapat membantu membakar kalori lebih banyak ?

A : Hallo Ibu Uthie. Fungsi Nutrishake apabila diminum sebelum olahraga adalah untuk pemberi energi sebelum olahraga. Jangan lupa konsumsi 2 scoop langsung agar sumber energi yang diberikan lebih banyak.

Q : hallo mbk saya mau tanya nih, nutrishake aman gak buat ibu hamil dan menyusui? kondisinya kayak gini si ibu sedang hamil 5 bulan, jika mengkonsumsi nutrishake apakah nutrisi untuk si bayi dan ibu, serta kalorinya mencukupi untuk keduanya?lalu untuk ibu menyusui apakah ada road map nya jika mengkonsumsi nutrishake?trimakasih

A : Hallo Ibu Ririn. Nutrishake sangat aman dan sangat dianjurkan untuk ibu hamil atau menyusui. Namun konsumsi Nutrishake dijadikan sebagai cemilan sehat atau dikonsumsi setiap setelah makan. Sehingga tubuh ibu yang sedang hamil atau menyusui serta bayinya mendapatkan Nutrisi yang berkualitas. Wellbeing Roadmap untuk ibu hamil / menyusui bisa menggunakan Roadmap dengan tujuan Menjaga Berat Badan dan Pemberi Energi serta Fokus.

Sumber : Online Health Consultation – Facebook Oriflame Indonesia

UMI LATHIFAH – INDEPENDENT CONSULTANT ORIFLAME

081575025114 / PIN. 5194CB4B

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.